Bingung bikin proposal sponsorship?
Atau proposal kamu gak dilirik perusahaan
Jangan khawatir, kamu nggak sendirian. Melalui panduan ini, kamu akan belajar membuat proposal sponsorship dari A-Z dengan struktur yang bisa langsung diterapkan dan sudah terbukti tembus ke perusahaan besar.
Berikut adalah struktur lengkap proposal sponsorship yang bisa kamu jadikan acuan:
1. Cover
Desain sampul harus mencerminkan kesan pertama yang profesional. Cantumkan nama event, logo panitia, tanggal pelaksanaan, dan informasi kontak utama. Tips jika kegiatanmu sudah berjalan sebelumnya, sertakan foto yang menunjukan banyaknya massa agar lebih menarik perusahaan.
2. Overview (Rangkuman Proposal)
Penjelasan singkat dan persuasif mengenai:
Nama dan tema event
Tujuan acara
Target audiens
Kenapa event ini penting dan menarik bagi sponsor
Overview harus bisa menjual acara hanya dalam satu halaman.
3. Deskripsi Kegiatan
Tuliskan terkait detail kegiatanmu seperti bentuk kegiatan, guest star, dan hal menarik lainnya.
4. Rangkaian Kegiatan dan Tempat Pelaksanaan
Tuliskan rundown acara secara ringkas dan lokasi kegiatan.
5. Rencana Anggaran Biaya
Tampilkan rincian anggaran secara transparan. Jika Rencana Anggaran Biaya yang kamu punya terlalu panjang, bisa kamu peringkas berdasarkan divisi atau sub kebutuhan.
6. Manfaat Kerjasama
Sampaikan apa yang didapat sponsor, seperti:
Eksposur brand di media online & offline
Meningkatkan citra positif perusahaan
Akses ke target market
Peluang meningkatkan penjualan secara langsung
Meningkatkan brand awareness,
7. Paket Sponsorship
Susun paket dalam beberapa level (Platinum, Gold, Silver, Bronze) lengkap dengan:
Nominal kontribusi
Fasilitas yang didapat
8. Alternatif Kerjasama
Buka ruang fleksibilitas di luar paket, misalnya membuat kerja sama dengan nominal yang lebih kecil (menjual per item promosi) atau menjual dengan harga bundling yang lebih kecil untuk menyasar perusahaan menangah. Hal ini bertujuan untuk memperluas peluang mendaoatkan sponsor dari berbagai perusahaan dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin.
9. Kerjasama In-Kind
Tawarkan bentuk dukungan barang/jasa (contoh: konsumsi, merchandise, transportasi) lengkap dengan estimasi nilainya dan benefit yang diberikan. Barang/jasa ini dilihat dari Rencana Anggaran Biaya, sehingga dapat mengurangi pengeluaran event kamu.
10. Pemetaan Media Promosi
Visualisasikan penempatan logo sponsor di berbagai media (spanduk, banner, kaos, media sosial, backdrop). Proyeksikan agar sponsor bisa membayangkan brand visibility mereka.
11. Prosedur dan Mekanisme Kerjasama
Jelaskan alur kerja sama dari awal hingga akhir:
Kontak & follow-up
MoU
Teknis pembayaran
Laporan pasca-event
Makin jelas prosedurnya, makin besar kepercayaan yang diberikan.
12. Dokumentasi
Tampilkan foto dari event sebelumnya jika ada. Hal ini menjadi bukti konkret kredibilitas dan kapasitas tim kamu.
13. Penutup
Akhiri dengan ajakan persuasif dan informasi kontak:
Kalimat optimis & ajakan kerja sama
Nomor HP & email
Sosial media resmi
Setelah isi proposal sudah jadi, satu hal yang sering dilupakan: visual proposal!
Desain yang menarik dan profesional bisa jadi penentu sponsor melirik atau melewatkan proposalmu.
Gak punya waktu mikirin isi dan design proposal? Tenang kamu bisa serahkan semua ke Proposal Studio, kami bisa membantumu dari 0 sampai beres!
Dikerjakan oleh tim profesional
Pengerjaan cepat
Telah dipercaya oleh ratusan klien
Bebas revisi
Pelayanan yang ramah
Tunggu apa lagi? Hubungi kami di Nomor Whatsapp 62 812-2683-1649